Sunday, December 18, 2011

Mengintip Keuangan Pasangan

Ilustrasi Dompet

Di negara Jepang, perempuan yang sudah menikah cenderung "menyembunyikan" sebagian uang jatah belanja yang diberikan oleh sang suami. Tradisi ini biasa di sebut dengan nama Hesokuri. Sang istri tak hanya sekedar mengintip isi dompet sang suami, namun sang istri juga berperan mengendalikan keuangan rumah tangga.

Bayangkan apa yang terjadi seandainya tradisi seperti ini ada di negara Indonesia?. Jangankan untuk mengendalikan melihat atau mengintip isi dompet pasanganya pun masih menjadi hal yang tabu dan kontroversial.

Setiap orang membutuhkan ruang pribadi. Merupakan hal yang sangat penting bagi pasangan suami istri, agar dapat tetap saling menghargai ruang pribadi masing-masing. Tindakan sekecil apapun, sebagai contoh mengintip dompet sang suami harus sepengetahuan sang suami.

Mengintip atau melihat dompet sang suami sebisa mungkin harus dihindari karena dompet itu mempunyai sifat yang pribadi. Terkadang pasangan memang sering meminta langsung untuk mengambil uang dari dompetnya, tapi kalau tidak di persilahkan tidak perlu melihat-lihat atau membuka dompetnya.

Perilaku istri yang tanpa izin melihat atau membuka dompet sang suami biasanya dipicu oleh faktor kecurigaan. Oleh karena itu dibutuhkan keterbukaan finansial dari sang suami kepada istri. Di Indonesia banyak suami yang menyerahkan penghasilannya pada sang istri, sekaligus memberikan tanggung jawab untuk dapat mengelola seluruh pendapatan. Seandainya pola Hesokuri mau diterapkan di Indonesia yang harus dikembangkan adalah pola pikir perkawinan. Jangan sampai uang atau kekayaan menjadi alasan dalam membangun rumah tangga. (Eko"teckoajaib").

2 comments:

  1. keterbukaan dalam segala hal adalah bentuk hubungan yang tulus, tanpa itu mungkin akan ada banyak masalah dalam keluarga

    ReplyDelete
  2. kalau saya seperti modelnya suami2 indonesia, habis gajian langsung setor sama istri he.he.he..
    salam kena ya, mampir juga ke blog saya :) http://gustav-econimics.blogspot.com

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget