Saturday, August 10, 2013

Petok Lekoran, Tradisi Unik Jelang Lebaran Masyarakat Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Luas wilayahnya sekitar 68 ha, dan jumlah penduduknya 7.600 jiwa (2004), yang sebagian besar adalah Suku Madura dan bermata pencaharian sebagai nelayan. Penduduk pulau ini dikenal relatif makmur. Gili Ketapang merupakan salah satu tujuan wisata alam di Kabupaten Probolinggo. Pulau terebut dihubungkan dengan Pulau Jawa dengan perahu motor melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Menurut legenda setempat, pulau ini dulunya menyatu dengan daratan Desa Ketapang (Pulau Jawa).




Ada satu tradisi yang unik yang dilakukan penduduk di pulau ini jelang lebaran. Tradisi tersebut dikenal dengan nama Petok Lekoran.


Penduduk 1 pulau gili ketapang probolinggo pergi meninggalkan pulau untuk berbelanja di pusat kota yang terletak di seberang pulau (kota probolinggo) tradisi ini dinamakan tradisi hari ke 27 bulan Ramadan jelang Lebaran. Tradisi ini dipertahankan masyarakat penduduk tersebut sejak beberapa puluh tahun lalu. Penduduk pergi berbelanja segala kebutuhan untuk lebaran nanti. Mulai dari pakaian, makanan, sampai barang elektronik. Saat ini diperkirakan terdapat 8000 penduduk yang tinggal di pulau Gili Ketapang. gak bisa dibayankan kalau semuanya penduduk 1 pulau pergi berbelanja. ?? Para penduduk akan kembali ke pulau Gili Ketapang pada pukul 19.00 wib.

1 comment:

  1. Semoga saja nanti kedepannya akan lebih makmur lagi..hee

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget