Wednesday, September 18, 2013

Project Pigeon, Uji Coba Burung Merpati Sebagai Senjata di PD II



Video ini menggambarkan proyek rahasia BF Skinner. BF Skinner (Burrhusm Frederic Skinner) seorang psikolog Amerika Serikat kelahiran Pennsylvania, 20 Maret 1904, yang terkenal dari aliran behaviorisme.

Skinner menempuh pendidikan dalam bidang Bahasa Inggris dari Hamilton College. Beberapa tahun kemudian, Skinner menempuh studi dalam bidang psikologi di Universitas Harvard.[1] Pada tahun 1936, Ia mengajar di Universitas Minnesota, dan pada tahun 1948, ia mengajar di Universitas Harvard sampai akhir hayatnya.



Pada masa perang dunia ke II, skinner membuat terobosan senjata tempur baru yang dinamakan sebagai Project Pigeon (Orcon).

Project Orcon menggunakan merpati sebagai pengangkut bom. Konsepnya memang hampir sama dengan bom kelelawar, namun burung merpati bisa dilatih untuk mengingat sasarannya. Proyek ini rencananya akan menggantikan penggunaan misil yang seringkali bisa dikecoh oleh musuh.

Sebelum dipasang bom, burung merpati dilatih untuk mengingat sasarannya dengan dihadapkan pada sebuah monitor yang menampilakn gambar dari si target. Sebuah pemicu diletakkan di ujung paruhnya, ketika sampai di target, burung merpati ini akan mulai mematuk - matuk dan bom pun akan meledak, itulah rencananya.




Namun proyek ini gagal dijalankan, karena pihak militer sendiri akhirnya menilai proyek ini tidak masuk akal. Burung merpati butuh dari sekedar latihan untuk mengingat terget. Lagipula, untuk melatih satu ekor burung saja membutuhkan waktu yang lama, jadi proyek ini tidak efisien bagi militer.



Baca artikel unik dan menarik lainnya di sini

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget