Sunday, August 28, 2011

Keistimewaan Hari Raya Idul Fitri


Idul Fitri atau biasa disebut dengan lebaran, merupakan hari raya besar umat Islam. Hampir semua umat dari berbagai agama merasakan keistemwaan hari besar umat islam ini. Kata Idul Fitri sendiri biasa di kenal dengan Istilah kembali ke fitrah atau kembali kesucian jasmani dan rohani.

Idul Fitri dalam kalender Umat Islam jatuh tepat pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriyah. Cara mementukan 1 syawal pun sangat berbeda-beda, sehingga banyak umat yang menentukan 1 syawal berbeda dengan tahun masehi. Yang jelas Umat Islam  menghitung tahun Islam berdasarkan perputaran bulan mengelilingi bumi, sedangkan masehi berdasarkan Matahari.

Sehari sebelum merayakan Idul Fitri biasanya Umat islam melakukan yang biasa disebut dengan zakat fitrah. Fungsi dari zakat ini sendiri yaitu untuk mensucikan harta kita dan juga untuk saling berbagi terhadap kaum yang kurang mampu. Di Hari Raya Idul Fitri para Umat islam berkumpul bersama di masjid, atau di tanah lapang untuk melakukan ibadah sholat Ied. Setelah Sholat baru melakukan acara yang dikenal dengan halal bihalal dan saling bermaaf-maafan.

Umat Islam biasa menjadikan Idul Fitri sebagai ajang untuk berkumpul bersama keluarga besar. Biasanya seminggu menjelang Idul Fitri umat Islam Selalu disibukkan dengan berbagai persiapan menjelang hari besar ini, diantaranya mempersiapkan makanan, belanja pakaian, merapihkan rumah, sampai mempersiapkan uang yang biasanya di berikan kepada anak-anak.

Tradisi Idul fitri yang tidak kalah menarik adalah mudik. Mudik biasanya dilakukan oleh para kaum pendatang. Mereka melakukan mudik ke kampung halamannya semata-mata hanya ingin berkumpul, bersua, bermaaf-maafan antar sesama anggota keluarga, seperti dengan orang tua, kakak, adik, maupun dengan tetangga sekitar kampung halaman, atau biasa disebut halal bihalal. (eko)

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget