Tuesday, November 29, 2011

Wisata Alam dan Spiritual ke Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono
Daerah Istimewa Yogyakarta memang terkenal dengan sebutan kota pelajar. Yogya sendiri juga merupakan kota yang menyimpan banyak sejarah, serta objek wisata yang sangat eksotik. Banyak lokasi tempat wisata sejarah yang bisa kita kunjungi di Yogyakarta, Seperti, Candi Prambanan, Candi Kalasan, Makam Raja Imogiri, Kota Gede, Taman Sari, Kali Urang, pantai Parang Tritis, dan masih banyak yang lain.


Jalan berbatu menuju Goa Rancang Kencono
Goa Rancang Kencono, ya.. goa ini merupakan salah satu objek wisata yang juga masih terdapat di Yogyakarta. Goa Rancang Kencono sendiri terletak di Desa Bleberan, Gunung Kidul. Perjalanan menuju lokasi Goa ini dapat ditempuh selama satu jam dari Kota Yogyakarta.
Akses perjalanan menuju lokasi ini memang masih sangat sulit dikarenakan harus melewati jalanan aspal yang sempit dan berlobang. selain itu Kanan-kiri jalan menuju gua itu adalah hutan jati. Mendekati lokasi wisata, kita akan menemukan jalanan tanah dan berbatu yang tentunya sangat licin apabila habis terguyur hujan.

Berwisata ke Goa Rancang Kencono memang sangat eksotis dan menarik. Selain masih sepi, masih banyak wisatawan yang belum mengetahui ojek wisata ini.

Dinamakan Goa Rancang Kencono dikarenakan, Goa ini digunakan sebagai tempat menyusun rencana strategi perang antara pasukan kerajaan Mataram dengan para penjajah (Belanda). Selain tempat unutuk menyusun rencana perang, Goa ini juga sering digunakan untuk merencanakan kegiatan kebajikan/mulia.


Jalan setapak menuju lorong tempat bersemedi

Di dalam Goa terdapat sebuah tempat yang gelap tempat bersemedi. untuk masuk keruangan tersebut kita harus melalui lorong yang gelap dan sempit.

Di mulut Goa juga terdapat sebuah pohon besar yang diperkirakan sudah berumur 200 tahun. Konon di bawah pohon tersebut sering digunakan para laskar dan prajurit sebagai tempat berkumpul dan beristirahat. Goa Rancang Kencono juga sebgai tempat persinggahan para Wali songo sebagai tempat penyususnan strategi penyebaran agama Islam.

Dengan nuansa alam yang sangat eksotis dan masih dikelilingi pepohonan yang rindang menjadikan Goa Rancang Kencono sebagai referensi daerah wisata alam dan sejarah di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ( "teckoajaib" )

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget