Sunday, November 18, 2012

Pesona Panggung Krapyak Yogya

Panggung Krapyak. sumber antarafoto.com

Panggung, mungkin sebagian orang sudah mengerti dan paham tentang fungsi panggung. Panggung biasanya digunakan sebagai tempat pementasan suatu acara. Namun di Yogya, ada yang berbeda tentang fungsi dari panggung.

Panggung Krapyak merupakan salah satu bangunan yang terletak di bagian selatan dari Alun-alun kidul. Bangunan ini diperkirakan sudah berumur 250 tahun dan biasa digunakan sebagai tempat untuk berburu oleh para Raja Kasultanan Yogya.

Wilayah di sekitar lokasi bangunan ini dahulunya merupakan hutan belantara bernama hutan "krapyak" dan banyak terdapat hewan liar di dalamnya. Para Raja-raja dari kesultanan Yogyakarta memanfaatkan lokasi hutan ini menjadi tempat untuk berburu rusa atau dalam bahasa jawa dikenal dengan "menjangan".



Panggung Krapyak. sumber antarafoto.com
Bangunan ini dibangun oleh Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengkubuwono I). Bangunan ini dibangun berbentuk pesergi empat dengan lusa kurang lebih 17,6m x 15m. Bangunan ini masih berdiri kokoh walau Yogya terkena gempa pada 2006 lalu. Arsitektur bangunan ini memiliki sebuah pintu dan dua buah jendela di setiap sisi bangunan. Konon jendela ini digunakan sebagai menara pengawas untuk berburu.

Bagi sebagian orang yang baru pertama kali melihat bangunan ini, mungkin akan menganggap panggung ini berfungsi sebagai benteng pertahanan. Pada masa penjajahan memang berfungsi sebagai menara pemantau apabila ada serangan dari musuh.


1 comment:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget