Monday, December 17, 2012

Kura-kura Kuning Berkepala Kotak yang Hampir Punah




Wildlife Conservation Society Bronx Zoo di New York menyambut kelahiran lima kura-kura yang dikategorikan sudah langka. Kura-kura Cina berkepala kuning dengan bentuk kepala agak kotak.

Kura-kura jenis ini sudah tergolong spesies yang sangat langka, dan diperkirakan hanya tinggal 150 ekor. Kura-kura-jenis ini berkembang di sungai bagian timur Cina.Wildlife Conservation Society (WCS) menyatakan hewan ini dianggap diambang kepunahan karena populasinya yang sudah banyak diburu untuk obat tradisional, dan perdagangan.



Pihak pengelola kebun binatang pun harus secara hati-hati ketika harus merawat telur dari kura-kura ini hingga sampai menetas dan berkembang biak. Langkah yang dilakukan pihak Kebun Binatrang ialah menciptakan kondisi lingkungan dan iklim yang sesuai habitat kehidupan kura-kura ini.

"Kami secara berhati-hati dan bertahap memantau serta menciptakan lingkungan yang sesuai dengan habitat kura-kura ini tinggal." Ujar Don Boyer, seorang kurator Herpetologi di kebun binatang Bronx.

Spesies ini masuk kedalam daftar 25 teratas spesies penyu dan kura-kura yang hampir punah. Pihak WCS sendiri saat ini tengah melakukan pengembang biakkan hewan-hewan yang hampir punah ini untuk dikembang biakkan dan dikembalikan ke alamnya, supaya keanekaragaman genetik dari spesies ini tidak punah.

4 comments:

  1. mari kita lestarikan alam, agar alam dapat bersahabat dengan kita.

    salam joogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... selamatkan dan lindungi mereka dari kepunahan...

      Delete

blognetwork

There was an error in this gadget