Monday, July 15, 2013

Teleskop Hubble NASA Menemukan Bulan Baru di Neptunus

 
Voyager failed to spot the tiny moon during its 1989 fly-pass

 Teleskop Hubble milik NASA baru-baru ini telah menemukan bulan baru yang mengorbit di Planet Neptunus.

Bulan yang diberi nama S/2004 N 1, ini merupakan bulan ke-14 yang ditemukan mengorbit mengelilingi planet raksasa tersebut.

S/2004 N 1 ini juga tampaknya menjadi bulan terkecil dalam sistem di planet Neptunus
, secara keseluruhan bulan ini berukuran hanya 20 km (12 mil). Selain itu, bulan S/2004 N 1 tersebut menyelesaikan satu revolusi di sekitar Neptunus setiap 23 jam.

Seorang Astronom Amerika Serikat sekaligus penemu S/2004 N 1 Mark Showalter mengatakan, "saya melihat titik kecil saat mempelajari segmen cincin di sekitar Neptunus."



S/2004 N 1
ini begitu kecil, bahkan pesawat ruang angkasa Voyager gagal menemukannya pada tahun 1989 ketika lewat dekat Neptunus dan mengamati sistem planet dari bulan dan cincin di planet tersebut.

Metode yang dilakukan Mr Showalter tentang penemuan S/2004 N 1, ia melacak pergerakan bintik putih yang muncul berulang-ulang di lebih dari 150 foto yang diambil dari Neptunus oleh teleskop Hubble antara 2004 dan 2009.

"Bulan-bulan dan busur orbit bergerak sangat cepat, jadi kami harus menemukan cara untuk mengikuti gerakan mereka" jelas Mr Showalter.
"Ini merupakan alasan yang sama bagi seorang fotografer olahraga yang harus tetap fokus dan menunggu moment untuk memotret para atlit saat ber olahraga".

Sumber foto BBC

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget