Sunday, June 16, 2013

Pentingnya Pemberian ASI Bagi Anak Anda



Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu Asupan Gizi yang penting bagi Anak anda. Seminar tentang Pentingnya Pemberian ASI untuk anak yang diselenggarakan pada Sabtu, 15 Juni 2013 di RS Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat, menghadirkan pembicara dr. Jeanne Roos Tikoalu (dr Spesialis Anak dan Konselor Laktasi Rs OMNI Internasional Tanggerang) serta artis muda, Angel Karamoy. Seminar memberikan penjelasan bagi para kaum Ibu tentang pentingnya memberikan ASI bagi anak, khususnya bagi kaum Ibu yang sibuk bekerja .

Pemberian ASI (Air Susu Ibu) merupakan Hak bagi anak. Hal ini tercantum di UU Perlindungan Anak yang berbunyi " Air Susu Ibu merupakan bagian dari hak azasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, Dan dipenuhi orang tua, masyarakat, Pemerintah Dan negara."




" Penggunaan alat pompa Asi (breast pump) bagi kaum Ibu yang mempunyai kesibukan dalam pekerjaan diharapkan berhati-hati harus selalu dibersihkan dan simpan ditempat yang steril untuk menjaga kualitas dari ASI si Ibu itu sendiri " ujar Dr. Jeanne Roos.

Dr.Jeanne juga menjelaskan, bahwa lama pemberian ASI eksklusif bagi anak adalah sampai 6 bulan. Sedangkan untuk pemberian makanan pendamping ASI hingga anak berusia 2 tahun. ASI sangat dibutuhkan bagi anak demi menjaga sistem kekebalan tubuh mereka saat di usia dini. Oleh karena itu ASI merupakan salah satu hal yang penting yang harus diberikan kepada anak anda yang masih balita.



Di beberapa pusat perbelanjaan Dan fasilitas pelayanan publik lainnya telah tersedia ruangan khusus untuk menyusui anak. Pihak pemerintah melalui SK tiga menteri tahun 2008 yaitu Menteri Kesehatan, Menteri Tenaga kerja, Dan Menteri Pemberdayaan Perempuan telah mengatur bagi perkantoran untuk menyediakan fasilitas Dan ruangan khusus bagi Ibu-ibu menyusui. Namun, sampai saat ini belum semua tempat perkantoran menyediakan tempat ini. Padahal ini bisa bermasalah dengan ranah hukum apabila perkantoran tidak bisa menyediakan fasilitas tersebut.

1 comment:

  1. wah min, asi memang sangat penting bagi seorang anak yang masih dibawah 2 tahun.. hehe

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget