Tuesday, February 4, 2014

Roti Mantau Balikpapan, Kuliner yang Cocok untuk Buah Tangan.


Roti Mantau
Balikpapan salah satu kota besar di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan bagian timur. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup yang paling tinggi di Indonesia. Selain itu kota ini juga memiliki julukan Banua Patra (Kota Minyak). Dengan diterapkannya undang-undang otonomi daerah, kota ini semakin berkembang dengan sangan cepat dan pesat. Setiap tahunnya kota ini selalu dibanjiri kaum pendatang. Rata-rata suku etnis Bugis, Jawa timur, Madura, merupakan mayoritas menjadi pendatang di kota yang berjuluk kota beruang madu.
Apabila kita berjalan-jalan (backpacker) ke kota ini, pastinya jangan pernah lupa untuk mencari tempat makan (kuliner) yang enak, asyik, dan seru. Kuliner yang menjadi ciri khas kota ini adalah seafood (makanan laut). Ya memang kota ini terletak di pinngir pantai. Jadi makanan laut, seperti ikan, kepiting, kerang, dan lain-lain sangat mudah kita temui, salah satunya adalah kepiting asam manis. Saat ini makanan ini sudah bisa ditemui dimana saja. Bahkan beberapa telah membuat terobosan sebagai makanan kering untuk dijadikan oleh-oleh untuk para kerabat.



Namun ada satu yang jangan kalian lewatkan kuliner yang satu ini untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satu teman saya di situs jejaring sosial facebook mengatakan kepada saya, bahwa ada salah satu oleh-oleh yang jangan sampai terlewatkan apabila berkunjung ke Balikpapan. Roti Mantau nama makanan tesebut. Namanya sedikit asing dan aneh di telinga saya.

Roti Mantau sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun namanya agak kurang terdengar dikalangan wisatawan. Roti Mantau saat ini perlahan namanya kian meroket menyamai kuliner Kepiting Kenari yang sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan.


Panganan Roti mantau pada umumnya sama dengan roti lainnya, dan memiliki bentuk seperti Bakpao. Bedanya Roti ini tidak diisi daging, coklat atau apapun seperti Bakpao. Roti Mantau hanya murni Roti biasa yang terbuat dari tepung terigu. Roti mantau pun terbagi atas dua macam yaitu Roti Mantau Goreng dan kukus. Keduanya sangat cocok dinikmati hangat-hangat dan dihidangkan bersama susu hangat. Harganya pun bervariasi dari Rp2000 - Rp3000 per rotinya. Sedikit saran saja, Roti Mantau yang bagus adalah Roti yang berwarna cokelat sawo matang, dengan permukaan yang agak kering.

Demikian tadi sedikit referensi makanan bagi kalian para backpackers yang akan berkunjung ke kota Balikpapan. Apabila kalian akan berkunjung ke Balikpapan jangan lupa kunjungi Depot Roti Mantau terkenal di Balikpapan, yaitu Depot Simpang 4 Jalan Pandansari Balikpapan. Dijamin maknyuuusss rasanya.
(Insyaallah gak Copas)







No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget