Friday, February 24, 2012

"Live Twitt" dan Pembedahan


Banyak informasi dan hal unik yang bisa didapatkan dalam dunia jejaring social. salah satunya adalah jejaring social Twitter, para pengguna atau user bisa memposting secara langsung kegiatan yang dilakukakn sehari - hari. Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan oleh Tim dokter bedah dari salah satu Rumah Sakit swasta di Houston, Texas, Amerika.

Tim bedah dari Rumah Sakit Memorial Hermann Northwest baru-baru ini melakukan sebuah terobosan baru yaitu live tweet saat melakukan operasi.

Selain mem posting kata-kata di twitter, tim dokter ini juga memposting gambar dan klip video pada saat melakukan operasi bypass koroner, pada selasa pagi (21/2/2012).



Beberapa gambar rekaman itu, diambil oleh Dr Michael Macris sebagai pemimpin dari kegiatan operasi ini. Sambil mengenakan helm cam ( helm camera ) sang dokter memimpin prosedur pengoperasian terhadap seorang pasien.

Isi dari twitter sendiri memang agak sulit dimengerti bagi orang biasa, karena sang dokter menggunakan banyak bahasa kedokteran. Sebelum memulai proses operasi sang dokter terlebih dahulu memberikan peringatan di live tweet nya " Peringatan untuk membaca atau melihat beberapa postingan dari konten ini diperlukan "perut yang kuat"."
Maksud perut kuat di sini adalah supaya jangan sampai mual atau muntah ketika membaca atau melihat postingan gambarnya.

Ada isi beberapa twitt yang agak mengkhawatirkan dan akan membuat beberapa pembaca postingannya bergidik. Salah satunya sang dokter men twiit kata-kata " Dr Macris membuka dada pasien dengan pisau, kemudian melihat kedalamnya."

Selain men tweett ada beberapa informasi yang menarik tentang jantung dimasukkan ke dalam nya seperti, ukuran dan berat dari jantung sebesar kepalan tangan dan mempunyai berat sekitar 15 onz.

Rumah Sakit ini menjadi salah satu dan yang pertama kali menyiarkan secara langsung via twitter proses operasi. Proses dari operasi ini berlangsung sesuai rencana dan sang pasien sendiri tidak mengalami komplikasi. Pasien sendiri diperkirakan akan kembali pulih dalam kurun waktu seminggu ini, seperti yang dilansir oleh dailymail, kamis (23/02/2012).


SUMBER


NB: " Ada beberapa video dan foto pada saat proses pembedahan,, karena kode etik dunia kedokteran dan lain sebagainya saya tidak bisa menayangkan foto dan videonya. Jika ada yang mau lihat, silahkan klik langsung ke sumbernya. Terima Kasih."

1 comment:

blognetwork

There was an error in this gadget