Monday, February 27, 2012

Bahaya Penyakit "Angin Duduk"


Mungkin bagi sebagian orang banyak yang belum mengetahui penyakit "angin duduk". Angin duduk mungkin merupakan penyakit mengerikan bagi sebagian orang, karena penyakit ini bisa menyebabkan orang meninggal mendadak.

Pengalaman saya selama melihat orang yang terserang angin duduk memeng sangat mengerikan. Beberapa hari yang lalu salah satu warga yang tinggal di dekat rumah saya meninggal mendadak. Menurut para tetangganya, satu jam sebelum meninggal ia sempat memasak dan berbelanja di warung. Namun, selisih satu jam tiba-tiba warga dikejutkan dengan kabar meninggalnya orang tersebut.

Penyakit angin duduk mungkin bahaya nya sama dengan serangan Jantung. Biasanya penderita mengalami sesak nafas, nyeri di bagian ulu hati, nyeri di tengah-tengah dada. Penyakit ini sebenarnya gejala awalnya sama seperti orang terkena masuk angin seperti biasanya. Namun kalau orang yang terkena angin duduk bisa terlihat dari raut mukanya yang pucat.

Bagi para pekerja yang menghabiskan banyak waktu dan berjam-jam duduk bekerja di kantor juga beresiko terkena angin duduk.

Angin duduk ini bukan sekedar penyakit masuk angin berat, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut.


Menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI Prof DR dr Teguh Santoso. SpPD "jika anda merasa nyeri dada yang teramat sakit tidak seperti biasanya, dan sesak nafas, segeralah anda memeriksakan diri ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat Darurat Jantung. Ingat!!!, orang yang terkena Serangan Jantung Koroner Akut atau angin duduk hanya dalam 15 menit sampai 30 menit orang tersebut bisa meninggal mendadak".

Kita semua diminta waspada terhadap penyakit yang satu ini. jangan sekali-sekali salah mengambil sikap. jangan di anggap remeh penyakit ini. Penyakit ini bukan masuk angin biasa, karena banyak orang yang mengaggap angin duduk sebagai masuk angin biasa, dan mereka mengguanakan cara tradisional yaitu dengan cara "kerokan". Kerokan bagi penderita angin duduk juga tidak boleh sembarangan dilakukan. Karena salah satu warga didekat rumah saya (penulis) pernah meninggal ketika sedang kerokan. Buang angin (buang gas) lalu meninggal. itu bahaya nya angin duduk yang dikerok. Ada beberapa cara meng- kerok orang yang terkena angin duduk.

Untuk mencegah penyakit ini, cobalah anda olah raga, jangan terlalu banyak duduk, berjalan atau jogging, berenang, banyak meminum air putih, istirahat atau tidur cukup, jangan terlalau banyak begadang. Intinya terapkan pola hidup sehat.

Eko Nugroho/ Teckoajaib

3 comments:

  1. Informasi kesehatan yang berguna Sob, dan memang benar akhir-akhir ini banyak gejala orang yang meninggal akibat terkena serangan angin duduk.

    Semoga informasinya bermanfaat.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  2. waduh ngeri banget yaa gann..
    tiba2 meninggal begitu..
    katanya klo naik motor malem2 gak pake jaket atau sering begadang itu sangat rentan kena angin duduk..

    salam blogwalking Cara Mendeteksi Kebohongan

    ReplyDelete
  3. saya udah pernah terkena penyakit angin duduk..
    sangat mengerikan..

    terjadi di pinggang yang susah bergerak,jantung berdetak cepat,nafas yang menghembuskan satu per satu..

    cuma ajja dengan bantuan obat-obat doktor selama 6 bulan,,
    aku bisa sembuh total

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget