Sunday, October 28, 2012

Keindahan Alam Air Terjun Curup Tenang ( Air Terjun Bedegung)


Sumatera Selatan ternyata menyimpan sebuah objek wisata air terjun yang sangat menakjubkan. Air terjun ini terletak di Kabupaten Muara Enim (OKU). Air Terjun Curup Tenang atau biasa dikenal air terjun Bedegung, kenapa dikenal air terjun Bedegung? karena letaknya di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung.

Air terjun Bedegung atau Curup tenang memiliki ketinggian sekitar 99 meter, air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertingi di Indonesia setelah Air terjun Sigura gura (250 meter), Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter), dan Air terjun Curug Citambur (100 meter).





Air yang mengalir di air terjun ini bersumber dari sebuah mata air yang terletak dicelah kawasan Bukit Barisan. Air terjun ini menjadi salah satu objek wisata alam unggulan Kabupaten Muara Enim.

Untuk memberi kenyamanan kepada para pengunjung objek wisata ini, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah melakukan beberapa perbaikan sarana dan prasarana penunjang, seperti pembangunan toilet dan kamar mandi di sekitar lokasi, serta pembangunan jalan setapak yang akan digunakan sebagai akses utama bagi para wisatawan menuju air terjun ini.

Bagi para wisatawan dari luar daerah atau wisatawan lokal lainnya tidak perlu khawatir untuk mencari sarana penginapan, karena di sekitar kawasan air terjun ini sudah banyak dibangun villa dan tempat penginapan.

Air terjun ini merupakan air terjun alami yang memberikan kesejukan bagi para wisatawan, karena nuansa alamnya yang kelilingi hijaunya pepohonan, serta hembusan angin yang membawa butiran air .

Perjalanan untuk menuju air terjun Bedegung atau Curup Tenang ini dapat di tempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 samapai 2 jam dari Muara Enim atau kurang lebih 58 kilometer.



4 comments:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. follow balik blog ane gan.... share info tempat wisatanya ya gan... keep posting

      Delete
  2. terima kasih gan infonya,,,, :)

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget