Sunday, November 3, 2013

Misteri Candi Prambanan Yang Dapat Membuat Putus Sepasang Kekasih

Di indonesia masih banyak hal-hal yang di kaitkan dengan mitos, Dengan aneka ragam budaya dan ceritanya para masyarakat masih memegang tradisi dan mitos-mitos yang di turunkan oleh para leluhur.



Salah satunya menurut mitos jawa ada beberapa tempat wisata yang tak boleh di kunjungi oleh sepasang kekasih yang sedang di mabuk asmara, konon katanya bagi sepasang kekasih yang masih nekad datang ke tempat tersebut hubungan asmara mereka akan berakhir entah bagaimana caranya.





Mitos-mitos tersebut menyebar dari mulut kemulut, namun hingga saat ini mitos tersebut masih berlaku bagi sebagian orang khususnya para penduduk setempat yang masih yakin mitos tersebut adalah benar dan akan terjadi.

Candi Prambanan adalah salah satu candi yang unik, diantaranya adalah karena keindahannya. Sejauh ini Candi Prambanan telah diklaim sebagai salah satu candi hindu tercantik didunia. Selain itu cerita menarik terkait Candi Prambanan memberi nilai tersendiri. Menurut penduduk setempat Candi Prambanan dibangun sebagai wujud rasa cinta Bandung Bondowoso terhadap Rara Jonggrang.


Candi Prambanan terkenal dengan legenda Roro Jonggrang yang meminta seribu candi dalam semalam bila Bandung Bondowoso ingin meminangnya. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut dan minta bantuan banyak jin untuk melancarkan pembangunan seribu candinya.

Namun ternyata Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut, dan Bandung Bondowoso yang marah mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu. Ia juga mengutuk semua gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut.

Ternyata ada mitos yang menyatakan bahwa jika berkunjung ke candi “Roro Jonggrang” ini akan “putus”. Masyarakat sekitar mempercayai hal tersebut, karena banyak bukti yang menyatakan hal tersebut itu benar. Contohnya seorang perempuan terkena kutukan menjadi perawan tua akibat setelah masuk ke dalam candi Roro Jonggrang bersama kekasihnya.

Hal-hal yang mendasari mitos ini yaitu karena konon adanya hubungan kisah cinta antara “Bandung Bodowoso” dan “Roro Jonggrang”. Dahulukala berdirilah kerajaan di Pengging. Sang Raja mempunyai seorang putera yang bernama Bandung Bondowoso, saat dewasa ia menjadi seorang pemuda yang gagah juga sakti.

Tak ada pasangan kekasih yang berani masuk ke dalam Candi. Umumnya hanya sampai pelatarannya saja. Konon, mereka yang nekat masuk maka hubungannya akan putus sekalipun sudah bertunangan. Beberapa penduduk setempat ada yang telah membuktikannya. Saat sepasang kekasih yang sudah bertunangan pergi ke sana, tak berapa lama hubungan merekapun putus.

Mengenai fakta mitos ini benar atau tidaknya saya juga tidak tahu, namun sampai saat ini saya sering mendengar larangan bagi pasangan kekasih untuk datang mengunjungi Candi Prambanan bersama karena diyakini dapat merenggagkan hubungan mereka.

Artikel ini dibuat dari referensi berbagai sumber

Baca artikel menarik lainnya di sini

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget