Thursday, October 4, 2012

Air Terjun Sendang Gile Memiliki Nuansa Magis

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gila (Sendang Gile) berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani tepatnya berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter dan terdiri atas 2 tingkatan.

Bagian pertama dari Air terjun Sendang Gila (Sendang Gile)   muncul dari atas permukaan tebing dan jatuh langsung ke kolam yang terletak persis dibawah, lalu tingkat kedua air mengalir dari kolam ini jatuh ke sungai yang langsung mengalir dibawah kolam tersebut. aliran dari sungainya pun tidak terlalu deras, sedangkan dasar kolam relatif datar sehingga para pengunjung atu wisatawan dapat mandi dikolam air terjun Sendang Gila.




Nama air terjun Sendang Gila konon diambil berdasar dari cerita penduduk yang secara tidak sengaja menemukan air terjun ini ketika sedang mengejar seekor Singa Gila yang telah mengacau perkampungan.
Selain itu juga beredar cerita yang berbau magis bahwa air terjun ini dipercaya dapat membuat jadi lebih muda 1 tahun dari usianya apabila mandi di air terjun ini.

Air Terjun ini terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Desa Senaru berjarak kurang lebih 60 km dari kota Mataram atau setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam. Para pengunjung dapat menyewa mobil di Kota Matarm untuk menuju desa ini.

Dari gerbang masuk Di desa Senaru pengujung setidaknya akan berjalan melintasi banyak anak tangga melewati lembah yang lumayan terjal untuk menuju ke air terjun ini. Pengunjung akan dikenakan tarif kurang lebih 5000-10000 Rupiah untuk masuk ke kawasan ini. Belum ada penginapan di sekitar lokasi air terjun ini, alternatif adalah Camping Ground atau menyewa rumah di sekitar Desa Senaru untuk menginap.

Jangan khawatir untuk mencari tiket perjalanan wisata murah dan memiliki akomodasi yang lengkap. Gonla.com dapat menjadi bahan referensi untuk mencari paket perjalanan wisata yang lumayan murah dan lengkap untuk sekitar kota Lombok. Mulai dari tiket pesawat pulang pergi, penginapan telah disiapkan oleh Gonla.com. silahkan cek langsung di Gonla.com

1 comment:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

blognetwork