Tuesday, October 1, 2013

Guinard Island, Pulau Rahasia Tempat Uji Coba Senjata Biokimia Virus Anthrax Oleh Inggris Tahun 1942



Gruinard Island (Pulau Gruinard) merupakan salah satu pulau yangbterletak di semenanjung Inggris. Pulau ini merupakan pulau yang terisolasi. Kenapa ter isolasi?, pada tahun 1942 para ilmuwan militer Inggris menjadikan pulau ini sebagai salah satu tempat ujicoba senjata biologi rahasia pada masa perang dunia II.

Pihak militer Inggris sedang meng ujicoba senjata biokimia yang didalamya dimasukkan spora virus Anthrax. Dikarenakan proyek uji coba senjata kimia Inggris ini bersifat rahasia, dan akan menyebabkan kontaminasi bahan kimia berbahaya, maka dicarilah tempat rahasia tersebut. Setelah dilakukan survei Pulau Gruinard terpilih menjadi ujicoba senjata biokimia yang akan digunakan di perang dunia II.





Senjata bom biokimia Anthrax yang dipilih untuk ujicoba di pulau Gruinard ini diberi nama "Vollum 14578". Dinamai oleh RL Vollum,  profesor of Bacteriology Oxford University. Akhirnya para ilmuwan membawa, delapan domba dibawa ke pulau tersebut sebagai bahan ujicoba senjata biokimia anthrax tersebut.

Dalam beberapa hari pasca ujicoba tersebut, delapan domba tersebut terlihat mati karena terinfeksi senjata biokimia yang berisi spora ganas Anthrax. Ujicoba ini sendiri sempat di rekam dalam video 16mm. Video tersebut akhirnya baru bisa ditonton oleh publik pada tahun 1977. Dalam rekaman video tersebut terlihat bom biokimia tersebut dijatuhkan dari udara, beberapa meter sebelum menyentuh daratan, bom tersebut meledak dan terlihat mengepul asap coklat yang diduga ledakkan dari Aerosol yang sudah bercampur dengan spora Anthrax.Bangkai domba yang telah terinfeksi virus spora anthrax akhirnya dibawa oleh para peneliti untuk dimusnahkan menggunakan  insinerator, dan ini merupakan bagian akhir dari uji coba senjata biokimia ini.

Para ilmuwan pun meyakini apabila bom biokimia ini diledakkan maka dapat mengkontaminasi sebagian wilayah Jerman .Upaya untuk mensterilkan kembali pulau tersebut dari radiasi senjata biokimia tersebut pasca uji coba ternyata berakhir gagal. Kegagalan dikarenakan daya tahan spora Anthrax yang digunakan terlalu kuat (tinggi). Akhirnya pada tahun 1986, Pulau Guinard dikatakan berbahaya untuk dikunjungi. Meskipun telah dibersihkan dengan menggunakan obat-obatan kimia, namun bagi para turis pulau yang satu ini sangat menakutkan untuk dikunjungi. 



Sumber wikipedia Guinard Island

1 comment:

  1. kenapa ya. harus ada senjata kimia kayak gini, bkannya ini sangat membahayakan kehidupan bumi. kenapa manusia membuat ini..?

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget