Wednesday, October 16, 2013

Unik, Musik Berdurasi Paling Lama 1000 Tahun.



Pernah mendengarkan lagu Beethoven Symphony No. 1-9 yang berdurasi 8 jam? Mungkin mendengar 8 jam saja sudah pusing.

Nah saya akan coba ngebahas lagu yang durasinya 1000 TAHUN..ya tahun bukan menit, jam, minggu atau bulan.

Mungkin durasi musik terpanjang yang kita tahu adalah Dream Theater dengan judul "Six Degrees of Inner Turbulence" dengan durasi 42:02,dan mungkin juga durasi ini sudah membuat kalian bosan ataupun lelah mendengarnya. Tapi coba perhatikan band yang satu ini.

Bull of Heaven, inilah nama band yang dibuat oleh duet Clayton Counts dan Neil Keener yang berasal dari Denver,Colorado dan kalian tahu apa aliran dari musik mereka??

Musik mereka beraliran Extremely slow experimental dark ambient/drone/harsh noise/post-rock/doom/sludge/minimalism/modern classical/jazz/free improvisation/progressive rock,hebat bukan??
 

Neil Keener ,Clayton Counts.
Mereka berhasil menembur rekor dunia dengan menciptakan musik berdurasi paling lama dengan judul "The Chosen Priest And Aposite Of Infinite Space" yang berdurasi 1453 jam atau kurang lebih 2 bulan untuk mendengarkan musik ini dari awal sampai akhir!

Namun rekor itu terpecahkan kembali oleh lagu mereka sendiri yang berjudul "A Violet Breath" dengan durasi 9772 jam dan membutuhkan waktu sekitar 8-9 bulan untuk mendengarkan lagu itu sampai selesai.
Namun lagi-lagi rekor itu dipecahkan oleh lagu mereka sendiri yang berjudul "Like a Wall in Which an Insect Lives and Gnaws" dengan durasi extreme yaitu 5,7 tahun. Dan hal yang membuat geger adalah rencana mereka yang akan membuat proyek lagu berdurasi 1000 tahun, tidak terbayang bagaimana mereka akan membuatnya.
Gubahan musik karya Jim Finer ini sebenarnya memiliki durasi 20 menit 20 detik saja. Namun, melalui bantuan algoritma komputer dan penambahan beberapa variasi, lagu ini bisa dimainkan hingga 1000 tahun tanpa berhenti. Pertama kali dimainkan pada 1 Januari 2000, Longplayer  diperkirakan akan selesai dimainkan pada 31 Desember 2999. Setelah itu, lagu itu akan memutar kembali hingga 100 tahun selanjutnya, begitu seterusnya. Saat ini kamu dapat mendengarkan lagu itu di Millennium Dome di London, 19th Century Lighthouse di Trinity Buoy Wharf dan tempat-tempat umum lainnya di Inggris, Amerika, Australia, dan Mesir. Masih penasaran bagaiman lagunya? Kamu bisa kok mendengarkannya.

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget