Friday, May 25, 2012

Kepulauan Pitcairn Pulau Pembajak



Kepulauan Pitcairn, merupakan sebuah pulau yang terdiri dari kumpulan lima pulau yang terletak di Samudera Pasifik. Pulau ini terletak di bagian selatan samudera pasifik.

Beberapa pakar arkeologis berpendapat bahwa pulau ini pada awalnya dihuni oleh warga Polinesia pada abad ke 15. Namun, Pedro Fernandez de Quiros seorang penjelajah dari Spanyol menemukan pulau ini tidak berpenghuni pada saat di temukan.

Pada tahun 1767 Inggris menemukan kembali pulau ini.Pada tahun 1790, para pembajak Bounty bersama beberapa warga Tahiti yang ikut dibawa para pembajak kapal HMAV Bounty terjadi peperangan dan saling bunuh. Pada tahun 1838, pulau ini secara syah milik koloni Inggris sampai pertengahan tahun 1850 an.




Pada pertengahan tahun 1850 an , penduduk dipulau ini makin bertambah pesat. Karena pesatnya laju pertumbuhan penduduk, warga pulau Pitcairn akhirnya meminta bantuan Ratu Victoria untuk memindahkan beberapa warga di pulau ini ke pulau lain. Permintaan itu disetujui Ratu Victoria , untuk memindahkan beberapa penduduk ke pulau Norfolk. Namun banyak warga yang tidak betah dan memutuskan kembali ke pulau Pitcairn.

Sisa peninggalan Kapal HMAV Bounty, masih bisa dilihat dari bawah laut kepulauan ini.

Ibukota dari kepulauan Pitcairn adalah Adamstown. Nama ini diambil dari nama seorang pembajak Kapal HMAV Bounty John Adams. Adamstown terletak di Utara pulau Pitcairn. Populasi penduduk di sini tergolong sedikit, hanya terdapat sekitar 40 kepala kelarga.



(Tulisan dihimpun dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget