Tuesday, June 19, 2012

Mengenal Sejarah Setrika


Tak ada yang bisa memastikan kapan orang pertama kali menyetrika, tetapi sebuah lukisan di negeri China menggambarkan bahwa pada abad ke 12 mereka menggunakan sebuah wadah besi yang diisi dengan batubara, kemudian ditekan diatas kain.

Pada abad pertengahan, setrika dari logam pun dibuat. Benda ini harus dipanaskan terlebih dahulu diatas api. Agar tangan tidak panas, gagang untuk pegangan setrika dilapisi kain handuk yang tebal.

Menurut kabar, setrika listrik juga ditemukan di Prancis pada tahun yang sama yaitu Juni 1882. Di Indonesia, kata "Setrika" berasal dari bahasa Belanda yaitu "Strijikizer" yang berarti menghilangkan kerutan atau menghaluskan.





Di New York, Henry W. Seely akhirnya mematenkan setrika listrik pada Juni 1882. Namun, ia sendiri agak meragukan temuannya, dikarenakan setrika listrik itu harus secara terus menerus di colok ke sirkuit listrik. Untuk mengatasi hal tersebut Selly dan Richard Dyer yang juga merupakan pengacara dari Thomas Alva Edison, akhirnya berhasil menemukan dan membuat alat setrika tanpa kabel yang dipanaskan oleh listrik.

Thomas Sears pada tahun 1950 an berhasil menciptakan sebuah setrika uap. Sistem kerja setrika uap yaitu mengubah air menjadi uap yang dapat melicinkan pakaian lebih cepat dan mudah.

Namun saat ini dizaman yang sudah modern, alat ini terbuat dari bahan yang ringan, bahkan beberapa bagian sudah menggunakan bahan yang terbuat dari plastik serta dilengkapi beberapa fiture tombol otomatis.




No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget