Tuesday, June 26, 2012

Penemuan Bunker Misterius Di Semarang


 Sebuah bangunan atau ruang bawah tanah (bunker) ditemukan di dekat RS Kariadi Semarang. Bunker ini ditemukan ketika  beberapa pekerja sedang melakukan proses penggalian instalasi pembuangan limbah gedung baru yang sedang dibangun pihak RS Kariadi.

Sebelum dilakukan proses penggalian para pekerja sempat diperingati perwakilan Rumah Sakit, bahwa mereka disuruh berhati-hati ketika melakukan proses penggalian. Karena ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Para Pekerja mulai menggali daerah sekitar hari Sabtu kemarin. Sebelumnya daerah tersebut merupakan daerah pembuangan sampah.


RS. Karyadi sudah berdiri semenjak jaman penjajahan Belanda tahun 1925, dan merupakan RS tertua di kota semarang. Namun dalam peta RS tidak digambarkan adanya banguna, atau Gua disekitar RS tersebut.

Bangunan Kuno tersebut memiliki panjang sekitar 5,2 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 3 meter. Batu dinding pada pintu masuk bunker, strukturnya mengikuti struktur bangunan kolonial Belanda. Dugaan sementara bangunan ini adalah peninggalan jaman kolonial Belanda. Sampai saat ini para pekerja masih mencari tahu apakah ada akses keruangan lain di dalam bunker ini, karena di dalamnya masih terdapat timbunan tanah setebal 70 cm. Pekerjaan penggalian Saluran sendiri diputuskan untuk dihentikan sementara sambil menunggu hasil penelitian.

Beberapa Isu warga sempat mencuat bahwa lorong tersebut mungkin tersambung ke Lawang Sewu, SMA 1, Dan RS Kariyadi. Lawang Sewu sendiri sebelumnya merupakan saksi sejarah pertempuran 5 hari di Semarang antara AMKA (Angkatan Muda Kereta Api) melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang pada 14 Oktober - 19 Oktober 1945.
Benar atau tidaknya, yang jelas bunker tersebut masih diteliti oleh pihak terkait.

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget