Monday, June 11, 2012

VIDEO: Mendebarkan, Seorang Ilmuwan Mengambil Sample Lava Dari Pinggir Danau Lava


Video yang berdurasi sekitar 4 menit ini, memperlihatkan seorang ilmuwan yang sedang berusaha mengambil sample lava dari kawah gunung berapi aktif Nyiragongo yang terletak di Republik Demokratik Kongo.

Video ini merupakan salah satu bagian dari program acara BBC yang berjudul "Journey to the Center of the Planet".

Di Video ini terlihat sang ilmuwan dengan berani dan tanpa keraguan di dalam dirinya berjalan hingga mendekati ke tepian danau lava gunung Nyiragongo. Teman sang ilmuwan tersebut, terlihat dari atas membantu mengawasi. Selang lima menit kemudian temannya tersebut berteriak, supaya segera menjauh dari tepi danau lava tersebut. Benar saja, ketika sang ilmuwan menjauh, aliran lava pun langsung mengalir kencang dari tempat sang ilmuwan tadi berdiri.

Gunung berapi Nyiragongo merupakan salah satu gunung berapi yang tercatat dalam sejarah sebagai gunung yang mempunyai aliran Lava paling cepat. Gunung berapi ini mempunyai ciri khas yaitu, terdapat danau lava yang terdapat dingah-tengah kawah. Pada Januari 1977 gunung berapi ini pernah meletus dan langsung menguras habis isi danau lava tersebut hanya dalam kurun waktu 1 jam. Kecepatan laju dari aliran lava tersebut, terekam sekitar 64 km/jam. Danau lava yang terkuras habis tersebut memiliki kedalaman sekitar 610 meter.




No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget