Thursday, March 15, 2012

Bahaya Menghirup Shisha Terlalu Banyak


Sisha??? siapa yang tidak mengenal yang satu ini, mungkin hampir banyak orang yang mengenalnya terutama dikalangan remaja. Pada dasarnya Shisa merupakan cara menikmati tembakau dengan cara yang berbeda. prinsip kerjanya adalah memanaskan tembakau, menghasilkan uap, di saring oleh air sebelum dihirup. Alat hirupnya pun cukup sederhana, botol kaca di modif menggunakan pipa dan selang panjang sebagai alat untuk menghirup.


Sisha sendiri telah digunakan untuk menghisap tembakau selama ber abad-abad di kawasan Afrika, asia, dan terutama timur tengah.

Banyak orang yang menganggap menghisap Sisha tidak terlalu berbahaya dibandingkan dengan menghisap rokok. Namun Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa menghisap Sisha dalam kurun waktu satu jam sama bahayanya dengan menghisap 100 batang rokok.





Menurut Profesor Robert West, Direktur Studi tentang Tembakau di College University London mengatakan " Banyak orang yang tidak sadar, merokok sisha ternyata memiliki resiko bahaya yang sama dengan merokok"

Meskipun tembakau sisha rasanya lebih bagus dibanding rokok, namun memiliki kadar tar dan nikotin yang lebih tinggi dibandingkan rokok. Banyak orang mengetahui bahwa zat tersebut dapat menyebabkan penyakit Jantung, gangguan pernafasan, dan Kanker Paru-paru.

Menurut sang Profesor "Asap dari tembakau mengandung sejumlah karsinogen yang dapat merusak DNA dalam sel". banyak para penggemar sisha yang mengklaim bahwa asap atau uap yang keluar melewati air di sisha akan menetralisir racun, namun belum ada bukti yang mendukung hal ini.

Selain itu alat hisap Sisha juga rentan terhadap penularan penyakit, seperti hepatitis, tuberkoslosis, dan penyakit menular lainnya.

sumber 

2 comments:

  1. Baru tahu, banyak dari kita yang mungkin mengira tidak ada dampak sekali dari Sisha,ternyata sejam menghisapnya = menghisap 100 btg rokok.Semoga semakin banyak orang yg sadar betapa tak bermanfaatnya merokok itu.

    Salam

    ReplyDelete
  2. Shisha kirain apaan.. eh gak tahunya perangkat khusus buat menghisap asap tembakau. Kalau sama bahayanya ya lebih baik jangan menghisap shisha dan jangan merokok aja kali ya? Apalagi kalau harga BBm naik, wah makin mahal aja deh harga rokok.. berhenti merokok aja yuk..

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget