Monday, March 26, 2012

Sikat Gigi Dua Kali Sehari Menjaga Kesehatan Jantung


Para Ilmuwan telah menemukan fakta bahwa orang yang tidak pernah atau jarang menggosok gigi dapat terkena penyakit jantung.

Para Peneliti menjelaskan, bakteri Streptokokus Gordonii yang berkeliaran di mulut dapat menyebabkan pembekuan darah yang dapat mengancam nyawa.Bakteri ini dapat memasuki aliran darah melalui gusi yang berdarah.

Di dalam darah bakteri Streptokokus Gordonii dapat membuat darah membeku. Bakteri ini tersembunyi di dalam gumpalan darah yang membeku, dan terlindung dari sistem kekebalan tubuh atau antibiotik.

Jika gumpalan darah yang membeku tumbuh pada katup jantung, dapat menyebabkan infeksi endokarditis. ketika katup sudah mulai terinfeksi dapat menyebabkan kerusakan yang sangat fatal.

Para ilmuwan dari Bristol University dan Royal College of Surgeons, Dublin berharap dapat mengembangkan obat baru yang dapat mencegah pembekuan darah dan infeksi endokarditis.

Sebuah Studi pada tahun 2010 menemukan fakta, kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan resiko peningkatan seseorang terkena serangan jantung atau stroke.

Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association, seperti yang dilansir oleh dailymail (25/3/2012)  mengatakan " Temuan ini dapat menambah pemahaman kita tentang hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Hal ini juga menggaris bawahi pentingnya menyikat gigi dua kali sehari".

sumber

3 comments:

  1. tips bermanfaat nih sya akan rajin gosok gigi...
    mohon kunjungannya di http://cumapost.blogspot.com Artikelnya menarik lho

    ReplyDelete
  2. wah, jadi rajin 2 sikat gigi nih?

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget