Wednesday, January 18, 2012

Astana, Kota Masa Depan di Kazakhstan





Astana, merupakan Ibukota terbaru dari Kazakhstan yang dibangun sangat megah. Astana sendiri memeiliki jumlah penduduk sekitar 700 ribu. Akmola adalah nama kota yang saat ini telah berganti nama Astana. Pada tahun 1998 nama Akmola secara resmi berubah menjadi Astana.

Menara Baiterek merupakan salah satu landmark kota Astana. Tinggi menara ini diperkirakan 318 kaki, menara yang terletak tepat ditengah jantung kota Astana, berdiri tegak menjulang tinggi ke angkasa. Seluruh perangkat kota seperti sarana ekonomi, sosial dan kebudayaan telah hadir tersedia di kota ini.



Di bagian atas di dalam menara atau monumen Baiterek, para pengunjung bisa melihat cap tangan dari Presiden Nursultan Nazarbayev yang diukir dengan dengan menggunakan emas.

Selain Menara Baiterek, di kota ini juga terdapat sebuah bangunan berbentuk Piramid. Bangunan ini biasa dikenal dengan sebutan Istana Perdamaian. Langit-langit ruangan konfrensi ini, dihaiasi dengan gambar sekelompok burung merpati yang terlihat sangat besar. Burung merpati sendiri melambangkan sebuah perdamaian. Bangunan Piramida yang mempunyai tinggi sekitar 203 kaki ini dirancang dan di design oleh Norman Foster. Bangunan ini digunakan untuk para Jamaah dari semua agama untuk berkumpul dan berunding.




Memasuki malam hari Ibukota baru dari Kazakhstan ini terlihat begitu menarik dan mempesona. Gedung-gedung pemerintahan dihiasi lampu-lampu, supaya terlihat seperti suasana taman. Istana Kepresidenan pun terlihat seperti Gedung Putih. Arsitek Inggris Norman Foster merupakan orang yang ikut berperan merancang dan membentuk kota ini.



Di kota ini juga berdiri beberapa klub malam. Bar di beberapa klub malam disini menyuguhkan hiburan tarian Gogo ( gogo dance ). Biasanya klub-klub malam disini depnuhi pengunjung pada waktu libur akhir pekan dan dibuka hingga pukul 01.00 atau 03.00 pagi waktu setempat.

Di Kota ini juga terdapat Gedung Concert Hall, dengan kapasitas tempat duduk 35.000 dan dilengkapi dengan bioskop dan ruang musik. Selain itu di sini juga berdiri Masjid  Nur Astana yang sangat megah, bermenara 4, dan dibangun oleh  Emir Qatar pada tahun 2005. (Eko)

4 comments:

  1. Kota dengan pemandangan alam yang diwarnai lampu Kota yang terlihat cantik menambahkan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung disana.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  2. wow hebat yaaa..
    mirip eropa kotanya, bersih lagi lingkungannya

    ReplyDelete
  3. Seperti apa ya rasanya hidup di kota baru seperti itu ya. Mana penduduknya masih sedikit, 700 ribu, bandingkan dengan penduduk Jakarta yang 12 juga di siang hari. Mungkin perlu juga di tulis apa saja yang diperdagankan disana, dilihat dari sisi ekonominya. apa ada yang bikin sepatu kayak di Indonesia.
    Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  4. mantap abis dah itu kota.... pengen kesana aja dah nanti :)

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget