Thursday, January 5, 2012

Berwisata di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir


FILIPINA - Pabrik Nuklir Power Bataan, merupakan salah satu pabrik nuklir terbesar yang dibangun di Filipina. Pabrik ini  dibangun lebih dari tiga puluh tahun yang lalu. Power Corporation, yang merupakan induk perusahaan dari pabrik ini tengah mempromosikan Pabrik tua ini sebagai tempat wisata baru. 

Pengunjung dapat berwisata mengelilingi lokasi pabrik dan menginap di beberapa penginapan yang dibangun di pinggir pantai. Pantai di sekeliling pabrik ini juga merupakan rumah bagi perlindungan penyu.

" Pembangkit listrik tenaga nuklir ini akan menjadi salah satu objek wisata unggulan dunia"

" Anda tentunya belum pernah melihat pembangkit listrik tenaga nuklir sebelumnya, jadi bagi saya ini akan sangat mendebarkan. "

Kata juru bicara National Power Dennis Gaya seperti dilansir AFP.


Pembangkit listrik ini dibangun di masa kekuasaan Ferdinand Marcos. Proyek pembangunan ini menghabiskan dana sekitar US $2,3 milliyar. Namun pembangkit ini ditinggalkan ketika sang penguasa digulingkan pada tahun 1986. Wilayah skeliling pabrik ini telah dinyatakan bebas Uranium dan radio aktif semenjak tahun 1997. Pabrik ini Meskipun sudah tidak digunakan lagi sebagai pembangkit listrik, Pabrik ini terus membayar pajak tahunan sebaesar satu juta dollar AS pertahun untuk bertahan. Pendapatan dari wisatawan yang berkunjung ke pabrik ini sebagian besar digunakan untuk pengembangangan, dan juga untuk pemeliharaan tempat wisata ini.


Sebuah menara pengawas terdapat di kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bataan, menara ini menghadap Laut Cina Selatan. Di tanah seluas 2 ha, terdapat juga beberapa fasilitas umum dan olahraga seperti pemandian umum, lapangan volley, tenis meja, bola basket, billiards, dermaga apung dan masih banyak fasilitas lagi lainnya. ( Eko "teckoajaib" )



SUMBER


No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget