Tuesday, March 6, 2012

Bahaya Anak Tidur Mendengkur



Anak-anak yang mendengkur pada saat tidur memiliki kecenderungan terkena masalah perilaku. Sebuah studi telah ditemukan oleh peneliti. Lebih dari 11.000 anak yang tinggal di inggris dalam kurun waktu 6 tahun, yang mendengkur pada saat tidur memeilik apnea atau mempunyai sikap yang hiperaktif atau agresivitas.

Seorang Profesor Kedokteran Keluarga dan Sosial Dr Karen Bonuck yang memimpin penelitan mengatakan " kesulitan bernafas atau mendengkur dapat merugikan dalam perkembangan otak ". Dalam Jurnal Pedriatics ia menulis " ini adalah bukti terkuat hingga saat ini. bahwa mendengkur, pernafasan melalui mulut, dan Apnea, bisa memiliki konsekuensi perilaku dan sosial emosional yang serius bagi anak-anak. Orang tua harus memperhatikan lebih dekat sang anak ketika sedag tidur. biasanya pada usia 1 tahun gejala mendengkur pada anak bisa terlihat.

Penelitian yang dilakukan pada 10 anak, menghasilkan Sekitar 1 dari 10 anak mendengkur pada saat tidur. dua dan empat persen diantaranya mengalami apnea (gangguan pernapasan) pada saat tidur. Pembesaran amandel dan gondok adalah dua penyebab paling umum gejala gangguan tidur pada anak.





Tim dari Albert Einstein College of Medicine di Yeshiva University di Inggris memeinta kepada orang tua untuk mengisi kuisioner tentang gejala-gejala anak pada berbagai titik, antara usia 6 sampai 9 bulan. Para orang tua juga diminta untuk memberikan peneilaian mereka terhadap perilaku sang anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mendengkur atau memiliki apnea tidur antara 40 sampai 100%. Dr. Bonuck mengatakan pengurangan oksigen yang melewati otak dapat mempengaruhi sisitem kerja otak, dan mengakibatkan sang anak dapat sulit untuk memperhatikan pelajaran, sampai sulit mengendalikan emosi mereka. Dr Bonnuck juga menambahkan dalam banyak kasus, dokter anak hanya menanyakan kepada orang tua," Bagaimana tidur anak anda?" Meskipun mendengkur sering terjadi pada anak dokter anak tidak secara rutin menanyakan atau memeriksa gangguan pernapasan pada saat tidur.

sumber

3 comments:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

blognetwork