Wednesday, June 22, 2011

Manfaat Dari Tanaman Jengkol

Buah Jengkol
Berita Eko - Jengkol apabila kita bayangkan makanan ini, pasti satu kata yang terlintas yaitu bau. Memang apabila kita penggemar makanan tardisional, kita pasti mengenal makanan ini. Benda yang berbentuk bulat gepeng dan kulit tipis kecokelatan banyak di konsumsi orang. Jengkol banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara terutama di Malaysaia, Thailand, dan Indonesia khususnya di derah Jawa Barat.

Pohon jengkol tingginya bisa sampai 10 meter. Buah jengkol akan membuat kehebohan pada saat diolah atau dimasak,yaitu akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang ditimbulkan memang sangat mengganggu, terutama bagi orang lain. Pada saat dicerna jengkol akan menyisakan zat yang dinamakan  jengkolid acid  
( asam jengkol ), zat inilah yang akan menghasilkan bau tidak sedap pada saat kita akan buang angin. Di balik bau yang di timbulkan, jengkol ternyata banyak mengandung zat yang bermanfaat dan berguna bagi kesehatan.

Menurut penelitian menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan karbohidrat, vitamin B & C, protein, dan kalsium. selain itu, jengkol merupakan sumber protein nabati yang baik dibanding tempe. Zat besi yang terkandung di jengkol juga bermanfaat untuk mencegah anemia. wanita hamil, remaja, ibu menyusui, biasanya beresiko kekurangan Zat besi. Selain zat besi, jengkol juga kaya akan zat kalsium yang berguna untuk tulang. Keperluan kalsium terbesar adalah pada saat masa pertumbuhan. Jengkol juga berkhasiat mencegah dibetes dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman ini  juga di perkirakan mempunyai kadar penyerapan air yang tinggi di dalam tanah. (eko)


No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget