Sunday, June 12, 2011

Permasalahan Ibukota DKI Jakarta saat ini.

Tugu Monas
Perkembangan Ibukota Jakarta sangat pesat dan cepat. mulai dari peningkatan jumlah penduduk,peningkatan jumlah hunian atau pemukiman, sampai tingkat pembangunan gedung-gedung perkantoran. Melihat wajah Kota Jakarta saat ini memang sangat mengharukan.Dibalik deretan gedung-gedung perkantoran yang tertata rapih, beton-beton bertingkat,masih juga banyak terlihat lingkungan kumuh dan sumpek menghiasi Ibukota Jakarta.

Di Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke 484 pada tanggal 22 Juni mendatang, Jakarta masih banyak mempunyai permasalahan yang harus segera diselesaikan, dari masalah kemacetan parah dengan fasilitas transportasi yang buruk, banjir yang di akibatkan semakin menciutnya daerah resapan air, populasi penduduk dari angka kelahiran diikuti arus Urabnisasi yang sulit di kontrol, sampah, kemiskinan, dan pengangguran.

Banyak langkah yang telah dilakukan Pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebagai contoh untuk mengatasi kemacetan Pemda Jakarta telah melakukan perbaikan dan penambahan infrastruktur transportasi. Akan tetapi, masih saja terlihat kemacetan di berbagai titik dan ruas jalan di kota Jakarta. Apalagi kalau sudah memasuki kawasan Perkantoran seperti Jalan Sudirman, Kuningan, MH. Thambrin, dan jalan  Gatot Subroto, pada hari dan jam kerja dan pulang kerja. Pasti akan terlihat kemacetan yang cukup parah.

Kemacetan di Jakarta
Selain kemacetan ada satu hal penting yang jangan sampai kita lewatkan tentang permasalahan Kota Jakarta, yaitu banjir. Banjir juga menjadi masalah penting yang harus segera di selesaikan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Banyak juga yang telah dilakukan pemerintah Ibukota DKI Jakarta untuk mengatasi hal tersebut, mulai dari pelebaran bantaran kali, perbaikan sistem drainase, pembuatan waduk, Sampai Proyek terbesar yang baru saja di lakukan Pemerintah Kota Jakarta yaitu pembangunan proyek banjir kanal timur (BKT), dan banjir kanal barat (BKB). Apakah hal yang dilakukan Pemda DKI Jakarta sudah dapat mengatasi permasalahan tersebut?.

Banjir
Kalau dilihat dari permasalahan yang di alami Ibukota Jakarta di atas tadi cukup sulit memang untuk diatsi. Tapi kalau kita kembali ke masalah kedisiplinan penduduk, kita semua yakin permasalahan itu semua dapat terselesaikan. Karena kalau penduduk sudah disiplin dan mengikuti peraturan pasti semua masalah tersebut dapat teratasi. Untuk mengatasi kemacetan para pengendara menaati peraturan berlalu lintas pasti kemacetan dapat teratasi. sedangkan untuk permasalahan banjir, warga Jakarta cukup mengikuti peraturan jangan membuang sampah sembarangan, seperti ke kali, atau saluran pembuangan air/ selokan. Akan tetapi semua itu harus kembali lagi ke masyarakat dan pemerintah DKI jakarta itu sendiri apakah mau melakukan hal tersebut?. apakah sudah melaksanakannya atau belum?. bagaimanapun juga kota Jakarta kota dengan banyak wajah  dan penuh dengan kejutan,Kota Jakarta ini merupakan milik semua warga Jakarta, kita sebagai warga dan masyarakat harus bisa menjaga, melestarikan lingkungan Kota Jakarta tercinta ini. (eko)

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget