Sunday, June 12, 2011

Macet salah satu gambaran di Jakarta

Kemacetan Jakarta

Kemacetan yang terjadi di Ibukota Jakarta memang sudah sangat mengkawatirkan. Hampir setiap hari jalan-jalan di kota Jakarta pasti terlihat kepadatan arus kendaraan, apalagi kalau sudah memasuki jam kerja. Jenuh memang kalau kita terjebak di dalam kemacetan. Kerugian akan waktu menjadi salah satu dampak negatif dari kemacetan.

Ada beberapa faktor-faktor penyebab kemacetan di Jakarta, diantaranya :
1. Banyaknya kendaraan angkutan umum seperti mikrolet, metromini, dan lainnya yang suka menunggu penumpang di dekat lampu merah (ngetem).
2. Pedagang kaki lima yang meluber ke jalan, sehingga ruas jalan semakin menyempit.
3. Banjir ( apabila sudah masuk musim hujan )
4. Adanya Jalur Busway yang juga memakan ruas jalan.
5. Ketidak disiplinan para pengendara dalam berlalu lintas.

Pihak Pemerintah Kota Jakarta sendiri telah bekerja sama dengan Kepolisian untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Mulai membuat 3 in 1, pembuatan Jalan bebas hambatan ( Tol ), pembuatan jalur khusus Bus ( Bus way ), membuat lajur khusus pengendara kendaraan roda dua, dan masih banyak lagi. Akan tetapi tetap saja kemacetan masih terjadi.

Sebagai warga Jakarta sebenarnya kita semua harus ikut berusaha keras untuk menemukan solusi dan mengurai kemacetan yang sering terjadi. Kita juga harus bisa mengintrospeksi diri, memperbaiki diri, karena secara tidak langsung kita semua juga merasakan kemacetan itu sendiri. Tinggal bagaimana kita yang harus sadar dan mentaati peraturan yang ada. (eko)

No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget