Sunday, June 19, 2011

Mengenal & Solusi Mencegah Stress


Ilustrasi Stress
Stress adalah situasi kondisi ketegangan yang dapat mempengaruhi tingakat emosi, dan proses berfikir seseorang.  Stress memang sering di alami oleh banyak manusia di muka bumi ini. Stress yang tinggi juga dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungan sekitarnya. Stress juga bisa diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan Psiksis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan.

Ada beberapa faktor-faktor penyebab stress, seperti faktor lingkungan baik lingkungan kerja  maupun lingkungan tempat tinggal, dan juga faktor dari dalam Individu itu sendiri. Contoh salah satu faktor lingkungan kerja seperti adanya Preasure atau tekanan dalam dunia pekerjaan. sedangkan untuk faktor dari lingkungan tempat tinggall, seperti adanya pergunjingan atau gosip antar lingkungan tempat tinggal. Sedangkan untuk faktor Individu biasanya terkait dalam urusan keluarga, ekonomi rumah tangga, dan masalah pribadi lainnya.

Stress dalam dunia kerja
Efek yang di timbulkan dari stress itu sendiri juga bermacam macam, sebagai contoh; Orang yang mengalami stress bisanya akan mengalami sulit tidur sampai berhari-hari itu sangat bahaya karena orang akan menjadi stress atau akan mengalami gangguan kejiwaan apabila sudah mengalami hal yang satu ini. Contoh yang kedua dari efek stress itu sendiri yaitu Hipertensi, Hipertensi yaitu naiknya tekanan darah dari orang yang mengalami stress, dengan kata lain orang yang  Stress akan mudah darah tinggi sekaligus naiknya tingakat emosi, Strooke, dan mudah terkena serangan Jantung.

Oleh karena itu kita juga harus bisa mengurangi tingkat stress pada diri kita sendiri. Ada beberapa cara untuk mengurangi stress seperti jangan kecewa apabila ada kejadian di luar keingginan anda, jangan terlalu sibuk mengurusi orang lain, jangan melakukan sesuatu tanpa tujuan, Mendengar Musik yang menurut kita paling enak di dengar dan jangan terlalu mengganggu orang lain, berlibur, berolahraga, pada intinya buat kegiatan yang dapat menghibur dirisendiri apabila anda tidak ada kegiatan. (eko)


No comments:

Post a Comment

blognetwork

There was an error in this gadget