Monday, April 16, 2012

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi

Pergi ke dokter gigi merupakan sebuah rutinitas dan keharusan jika kita ingin menjaga kesehatan gigi kita sendiri. Selain itu, menjaga dan merawat gigi mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh.

Pemeriksaan rutin kebersihan gigi dan mulut, dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah kematian dini. Banyak penyakit yang dapat terjangkit apabila tidak menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, seperti terserang Anemia, dan masalah pada jantung.


Para ahli menemukan hubungan antara penyakit gusi dan berbagai penyakit lainnya, yang bisa menjangkit beberapa warga.

Penasehat Ilmiah British Dental Association, Profesor Damien Walmsley, mengatakan: "Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar kasus penyakit gigi dan gusi dapat diobati, dan yang lebih penting lagi, dapat dicegah."

Menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berflouride, dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa macam penyakit yang dapat ditimbulkan jika orang jarang menyikat gigi:

1. Serangan Jantung dan Stroke
Penelitian di New York State University menunjukkan bahwa mengobati penyakit Periodental (Gusi Bengkak) dengan gel antibiotik secara signifikan dapat menurunkan tingkat Protein C-Reaktif dan firinogen, yang berhubungan dengan resiko terserang penyakit jantung.



2. Tekanan Darah Tinggi
Laporan dari ahli jantung di Universitas Athena mengatakan ada hubungan antara Periodontis (Gusi Bengkak) kronis dengan peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

3. Diabetes
Sebuah studi oleh US National Institute of Diabetes dan Penyakit Ginjal menemukan hubungan antara tingkat keparahan penyakit Gigi dan Gusi pada pasien diabetes.



4. Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)
Beberapa paseien yang terkena penyakit gigi dan gusi dapat menjadi indikator awal dari Osteoporosis atau penipisan tulang.

5. Kematian Dini
Mereka yang memiliki penyakit Gigi dan Gusi yang parah, diperkirakan memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan dengan orang yang tidak terserang oleh penyakit ini.

Sumber 

3 comments:

  1. trimakasih untuk infonya,, jadi nmbah pengetahuan..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete

blognetwork

There was an error in this gadget