Tuesday, April 17, 2012

Sedikit Mengenal "Futsal"



Futsal merupakan jenis permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, dan masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Pada intinya, permainan futsal sama dengan sepak bola. Biasanya futsal dimainkan di dalam ruangan (indoor), namun ada juga yang dimainkan di luar lapangan.

Lama waktu dalam permainan futsal sendiri adalah 2x20 menit, berbeda dengan sepak bola yang memiliki waktu lebih banyak 2x45 menit. Untuk ukuran lapangan futsal, hanya memiliki panjang 25-43m dan lebar 15-25m.

Berbicara mengenai futsal, sedikit kita flashback ke belakang tentang sejarah permainan futsal. Kata futsal sendiri berasal dari bahasa portugis, futbol dan sala. Namun, pencipta permainan ini bukan berasal dari Portugis, melainkan dari Uruguay. Juan Carlos Ceriani adalah orang yang menciptakan permainan ini di Uruguay pada tahun 1930.


Futsal saat ini telah berkembang cukup pesat di berbagai belahan dunia. Brasil merupakan salah satu pusat perkembangan olah raga ini. Pada tahun 1989, futsal telah resmi di bawah pengawasan salah satu organisasi terbesar, dan nomor satu di dunia per sepak bolaan dunia , yaitu FIFA (Fédération Internationale de Football Association). Kejuaraan dunia futsal sendiri, pertama kali diselenggarakan pada tahun 1982 di Sao Paulo, Brazil.

Di Indonesia olah raga futsal sendiri berkembang sangat pesat. Di Jakarta, mungkin paling mudah di temukan lapangan buat bermain futsal dibanding kan lapangan sepak bola. Karena, telah banyak lahan-lahan kosong yang telah di bangun gedung, mall, pabrik, bahkan komplek perumahan. Berbagai kompetisi futsal juga sering diadakan oleh berbagai komunitas pecinta sepak bola, para pekerja, sampai anak-anak perkampungan (antar kampung 'tarkam').



Salah satu kompetisi yang akan di adakan adalah Futsal Community Club Competition 2012, yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 dan 22 April 2012 di Hanggar Futsal Jl. Jendral Gatot Subroto, Pancoran Jakarta. Kompetisi ini diselenggarakan oleh VIVABola, salah satu kanal khusus bagi penggemar dan pecinta sepak bola, di salah satu portal terbesar dan ternama di Indonesia VIVAnews.com.

Kompetisi ini merupakan kompetisi khusus komunitas fans club sepak bola. Akan ada sekitar 30 tim yang akan bertanding pada tanggal 21 dan 22 April 2012 nanti. Seperti Inter Milan Fans club Indonesia, Barca Fans Club Indonesia, Persija Fans Club, PSMS Fans Club dan masih banyak lagi.

Eko Nugroho (teckoajaib)

2 comments:

  1. kayaknya malah lbh trend futsal di kalangan remaja dari pada football ya,

    www.unikgaul.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,, mungkin faktor sudah mulai berkurangnya lapangan sepak bola di Jakarta. Makanya Futsal lebih ngetrend di Jakarta

      Delete

blognetwork