Tuesday, April 24, 2012

Pentingnya Safety Riding Bagi Diri Sendiri Dan Orang Lain


Safety Riding mungkin bisa disamakan dengan istilah Safety Driving. Bagi anggota dari komunitas Bikers safety riding merupakan sebuah kata yang tak asing di telinga mereka. Berbeda dengan komunitas genk motor yang terkadang mengabaikan istilah safety riding.

Safety Riding merupakan perilaku ideal atau sebuah cara aman yang harus dimiliki oleh para pengendara baik roda dua atau pun roda empat. Safety Riding bagi komunitas motor (Bikers Community), merupakan sebuah keutamaan dalam berkendara. Karena memiliki resiko kecelakaan yang cukup tinggi, para pengendara motor harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Safety Riding tidak di khususkan bagi para Komunitas Bikers saja, tapi diperuntukkan bagi para pengendara roda dua lainnya.

Banyak sebenarnya seminar-seminar tentang safety riding yang diadakan oleh komunitas Bikers di Jakarta. Namun, bagi para pengendara motor lainnya yang belum pernah ikut seminar saya akan mencoba membagi sedikit tips tentang cara aman berkendara atau safety riding.




Dalam pelatihan atau seminar safety riding pada umumnya kita akan disajikan tentang teori dan praktek dasar safety riding. Biasanya pada saat teori, mereka akan diberikan penjelasan tentang seputar keselamatan dalam berkendara, memeriksa kesiapan kendaraan, dan posisi berkendara yang ideal.

Sebelum berkendara ada beberapa hal yang harus di perhatikan tentang kesiapan berkendara. Berikut kesiapan yang diperlukan untuk pengendara sepeda motor:

1. Sarung Tangan


Sarung tangan sangat penting bagi pengendara motor, selain sebagai alat pelindung tangan dari debu dan kotoran. Sarung tangan juga dapat mengurangi resiko luka , jikalau anda terjatuh. Sebaiknya memilih sarung tangan yang memiliki lapisan dan menutupi kedua belah tangan, dan terbuat dari bahan yang dapat menerap keringat.

2. Jaket


Sebaiknya gunakan Jaket yang mempunyai lapisan agak tebal dan mampu melindungi tubuh dari terpaan angin maupun efek negatif lainnya kala terjadi benturan.

3. Helm ( Minimal Gunakan helm Half Face)





Ini merupakan bagian yang sangat penting dalam berkendara. Bagi Komunitas Bikers hal ini hukumnya WAJIB . Fungsinya untuk melindungi kepala kita apa bila terjadi benturan. Berebeda dengan Genk Motor yang sudah mempunyai nyawa banyak. Mereka sering mengabaikan menggunakan helm dalam melakukan aksi balapan liar.

4. Sepatu


Sepatu harus mempu memberikan kenyamanan seta keamanan bagi seluruh lapisan kaki.

5. Periksa Kondisi Motor



Yah, bagian ini juga tak kalah pentingnya. Motor yang akan kita kendarai harus dalam kondisi fit dan ready . Periksa tekanan angin di kedua ban, cek oli mesin, cek semua lampu dan klakson apakah berfungsi atau tidak, dan biasakan panasi motor di pagi hari sebelum berkendara terutama motor yang mempunyai kompresi tinggi.

Langkah-langkah tadi mungkin merupakan langkah dasar dalam safety riding dalam berkendara. Jangan lupa selalu perhatikan jarak aman berkendara dan usahakan tetap fokus saat berkendara. Satu lagi jangan pernah menelpon atau menerima telpon saat berkendara, karena masih banyak pengendara yang sering melakukan hal ini. Berkendaralah secara aman karena itu semua akan membawa kenyamanan bagi pengendara lain. Keep safety riding!!!

(eko "teckoajaib")

1 comment:

blognetwork

There was an error in this gadget